Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

Solat / Menjawab Adzan yang Disiarkan Radio atau Televisi

Menjawab Adzan yang Disiarkan Radio atau Televisi

mempublikasikan tanggal : 2016-02-23 | Views : 1894
- Aa +

Bolehkah menjawab adzan yang disiarkan langsung dari televisi, misalnya siaran langsung dari Mekkah atau Madinah?

ترديد الأذان خلف المذياع أو التلفاز

Alhamdulillah, Shalawat, Salam dan keberkahan semoga terlimpah kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya. Amma ba’du.

Jawaban dari pertanyaan anda adalah sebagai berikut:

Jika adzan yang dikumandangkan adalah adzan panggilan shalat yang disiarkan secara langsung, maka kita disyariatkan untuk menjawabnya karena keumuman dalil yang ada dalam Shahih Bukhari (no. 611) dan Muslim (no.383), dari Atha’ bin Yazid Al-Laitsi dari Abu Said Al Khudri Radhiyallahu ‘Anhu: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallambersabda: “Jika kamu mendengar adzan, maka jawablah sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin.”

Namun, jika adzan yang Anda dengar bukan adzan panggilan shalat, misalkan anda mendengar adzan Mekkah sedangkan Anda sedang berada di Kuwait, maka menjawab adzan dalam kondisi semacam ini tidaklah mengapa. Namun hal ini tidak termasuk dalam sabda Nabi, “Jika kamu mendengar adzan...” Karena adzan ini bukanlah panggilan shalat untuk penduduk Kuwait, karena waktu shalat mereka lebih dahulu daripada Mekkah. Demikian yang saya pahami, Wallahu a’lam bis shawab.

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus