Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

Thaharah / Waktu Mandi Jum’at

Waktu Mandi Jum’at

mempublikasikan tanggal : 2016-03-24 | Views : 1285
- Aa +

Apakah mandi di hari jum’at yang dilakukan sebelum masuk waktu fajar itu dianggap sah sebagai mandi jum’at?

وقت غسل الجمعة

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa Ta'ala. Shalawat, salam dan keberkahan semoga selalu terlimpah kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, keluarganya, dan para shahabatnya. Amma ba'du:

Dengan memohon taufik kepada Allah Ta'ala, jawaban atas pertanyaan Anda, kami katakan:

Dalam sebuah hadits shahih, dari Abu Sa’id Al-KhudriRadhiyallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Mandi di hari juma’at itu wajib atas setiap orang yang sudah baligh.”[HR. Al-Bukhari (no. 858), dan Muslim (no 1994)].

Beliau bersabda: “Mandi jum’at,” beliau menisbatkan mandi itu di hari jum’at. Ini seperti dalam hadits: “Barangsiapa yang mencuci kepala dan seluruh anggota tubuhnya, bersegera datang dan mendengarkan khutbah pertama.” [HR. Abu Dawud (no. 345), At-Tirmidzi (no. 496), dan An-Nasa’i (no. 1381), dishahihkan oleh Al-Albani, Sunan Ibnu Majah: 1087)].

Beliau menjadikan itu sebagai amalan di hari jum’at. Dalam hadits Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘Anhuma, dalam hadits yang shahih, bahwa dia menyebutkan hari jum’at. Dan dalam hadits Samurah bin JundubRadhiyallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: “Jika salah seorang diantara kalian mandi di hari jum’at, maka itu lebih utama. Jika dia hanya berwudhu, maka itu sudah cukup dan baik.”[HR. Abu Dawud(no. 354), At-Tirmidzi(no. 497), An-Nasa’i(no. 1380), dishahihkan oleh Al-Albani, Sunan Ibnu Majah: 1091)].

Setiap hadits menisbatkan mandi tersebut dengan hari jum’at. Dan hari jum’at itu dimulai dengan masuknya waktu fajar. Sehingga mandi yang mencerminkan sebuah sunah mandi jum’at adalah mandi yang dilakukan setelah terbitnya fajar di hari jum’at. Ini adalah pendapat mayoritas ahli fikih.

Abu Hanifah dan sekumpulan Ulama lainnya berpendapat bahwa mandi pada malam jum’attermasuk bagian mandi hari jum’at. Masalah ini sangatlah mirip. Yang sudah pasti dari apa-apa yang dijelaskan dalam sunah adalah bahwa mandi jum’at itu dilakukan setelah terbitnya fajar di hari jum’at.

 

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus