Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

Thaharah / Mengusap Kaos Kaki Yang Tidak Menutupi Mata Kaki

Mengusap Kaos Kaki Yang Tidak Menutupi Mata Kaki

mempublikasikan tanggal : 2016-03-24 | Views : 1578
- Aa +

Apakah hukum mengusap kaos kaki yang tidak menutup kedua mata kaki? Dan apakah hukum mengusap kaos kaki yang tipis?

المسح على جوارب لا تغطي الكعبين

Segala puji hanya milik Allah Rabb Semesta Alam.Shalawat,salamdan keberkahansemoga selalu terlimpahkepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, keluarganya, dan para shahabatnya. Amma ba'du.

            Dengan memohon taufik kepada Allah Ta'ala,jawaban atas pertanyaan Anda adalah:

Kaos kaki yang menutupi kaki tidak disyaratkan (menurut pendapat yang benar dari para Ulama) untuk menutup semua bagian kaki. Akan tetapi cukup menutup mayoritas bagian kaki. Maksudnya, mayoritas bagian kaki hendaknya ditutup, meskipun ada bagian lain yang kelihatan, karena disebabkan pendeknya kaos kaki atau karena kaos kaki yang sobek dan berlubang. Semua ini tidak berpengaruh atas sahnya mengusap kaos kaki. Inilah yang benar.

Allah Azza wa Jalla telah berfirman dalam ayat wudhu, dalam surat Al-Ma`idah:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُم

Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian akan melaksanakan shalat maka cucilah muka, dan kedua tangan sampai ke siku, dan usaplah bagian kepalamu dan juga kakimu.” (QS. Al-Ma`idah: 6).

Dan dalam bacaan yang lain kata “arjulakum” dibaca dengan “arjulikum”. Maka cukup dengan mengusap kaki, jika saat itu kondisinya sedang tertutup. Dan tidak disyaratkan penutup itu harus menutupi semua bagian dengan rapat, sehingga tidak ada sedikitpun bagian yang terlihat.

Oleh karena itu, jika kaos kaki yang dikenakan pendek hanya sebatas sampai mata kaki atau berlubang, maka tidak mengapa untuk mengusapnya. Begitu juga untuk kaos kaki yang tipis. Tidak mengapa mengusapnya, karena kaos kaki itu sudah menutupi kaki. Tidak ada dalil yang mengharuskan kaos kaki yang tebal atau kaos kaki yang menutup bagian kaki dengan erat sehingga tidak nampak sedikitpun bagian dari kaki. Oleh karena itu, jika kaos kaki yang digunakan itu tipis dan berlubang yang menampakkan kulit kaki, maka tetap boleh mengusapnya, karena tidak ada dalil yang melarangnya.

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus