Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

Solat / Bagaimana Wanita Shalat Berjamaah?

Bagaimana Wanita Shalat Berjamaah?

mempublikasikan tanggal : 2016-04-04 | Views : 1867
- Aa +

Bagaimanakah tatacara shalat berjamaah bagi kaum wanita, apakah mereka membentuk satu shaf (barisan), kemudian di antara mereka menjadi imam di shaf yang sama? Berikanlah fatwa kepada kami? Semoga AllahTa’ala membalas Anda dengan kebaikan.

كيف تصلي النساء جماعة هل يصطففن في صف واحد

Segala puji hanya milik Allah, semoga shalawat dan salam, serta keberkahan senantiasa tercurah kepada Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya, Amma ba’du.

Jawaban atas pertanyaan Anda,maka kami katakan dengan memohon taufik dari Allah Ta’ala :

Mayoritas ulama dari kalangan madzhab Hanafi, Syafi’i, dan Hanbali serta selain mereka berpendapat, bahwa imam shalat wanita berdiri di tengah mereka (jamaah wanita dalam satu shaf -pent), berdasarkan hadis riwayat imam Baihaqi dan selainnya dari ‘Aisyah dan Ummu Salamah RadhiyallahuAnhuma,bahwa mereka berdua pernah mengimami kaum wanita dan mereka berdiri di tengah jamaah wanita.

Sebagian ulama lainberpendapat, dan ini salah satu pendapat dalam Madzhab imam Ahmad dan pendapat imam Ibnu Hazm, bahwaImam wanita berdiri di depan makmum wanita sebagaimana berdirinya imam laki-laki.

Menurut pendapat saya, diperbolehkan imam wanita berdiri di depan jamaah kaum wanita (sebagaimana imam laki-laki -pent), namun yang lebih afdhal adalah ia berdiri di tengah mereka (dalam satu shaf -pent), berdasarkan atsar ’Aisyah dan Ummu Salamah RadhiyallahuAnhuma di atas.

Saudara Kalian,

Khalid bin Abdullah Al-Mushlih,

22/11/1424 H

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus