Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

Puasa / Tanda-tanda Malam Lailatul Qadr

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadr

mempublikasikan tanggal : 2016-05-06 | Views : 1361
FA
- Aa +

Apakah ada tanda-tanda untuk malam lailatul qadr?

علامات لليلة القدر

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa Ta'ala, Rabb semesta alam. Shalawat, salam, dan keberkahan semoga selalu tercurah kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, keluarganya, dan para shahabatnya. Amma ba'du:

Dengan memohon taufik kepada Allah Ta'ala kami akan menjawab pertanyaanmu, kami katakan:

Kebanyakan orang menggambarkan bahwa malam lailatul qadr adalah malam yang berlangit cerah; dan pada malam itu dia dapat melihat mimpi dan peristiwa-peristiwa yang tidak dia lihat pada malam-malam biasanya. Tidak ada suatu dalil pun yang diriwayatkandari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallamtentang hal tersebut. Begitu juga tidak ada suatu dalil pun yang diriwayatkan dari keluarga Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, para shahabatnya, para tabi'in, dan salafus shalih tentangnya. Jadi tidak ada suatu dalil pun yang shahih yang berbicara tentang tanda-tanda malam lailatul qadr, yaitu hal-hal yang terjadi di malam lailatul qadr.

Ada beberapa perkataan yang dinukil dari sebagian kaum salaf, bahwa pepohonan sujud,dan pada malam itu cahaya terlihat lebih terang tidak seperti di malam-malam yang lainya. Hal-hal tersebut bisa saja terjadi dan bisa saja bertepatan dengan malam lailatul qadr, akan tetapi bukan perkara yang pasti. Bahkan satu-satunya tanda yang diriwayatkan secara shahih dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah hadits yang disebutkan oleh Imam Muslim di dalam Shahihnya, dari jalannya, dari Ubaybin Ka'ab Radhiyallahu Anhu:

"أَنَّهُ تَخْرُجُ الشَّمْسُ صَبِيْحَتَهَا بَيْضَاءَ لَا شُعَاعَ لَهَا."

"Sesungguhnya pada pagi harinya matahari terbit dengan bewarna putih dan tidak menyilaukan."

Inilah tanda yang paling shahih. Akan tetapi para ulama berselisih pendapat, apakah tanda itu terus menerus terjadi di setiap malam dari malam-malam lailatul qadr? Ataukah tanda itu hanya terjadi di malam lailatul qadr di tahun itu saja? Permasalahan ini tidak diketahui oleh banyak manusia.

Intinya, baik kita katakan bahwa tanda tersebut terjadi di setiap malam lailatul qadr ataupun hanya terjadi di malam lailatul qadr di tahun itu saja, bahwa di malam lailatul qadr tidak ada tanda-tanda yang mengiringinya atau tanda-tanda yang datang sebelumnya. Sesungguhnya yang disebutkan hanyalah tanda yang datang setelahnya, maksudnyasetelah habis malam lailatul qadr. Yaitu bahwa pada pagi harinyamatahari terbit dengan bewarna putih dan tidak menyilaukan.

Hikmah dari hal itu adalah,agar orang-orang bersungguh-sungguh dan mengerahkan segenap usahanya untuk memperoleh keutamaan malam tersebut.Sedangkan orang yang tidak melihat malam tersebut, maksudnya orang yang tidak melihat cahaya, tidak melihat pohon, dan tidak melihat tanda-tanda yang disebutkan oleh sebagian orang dalam perkara ini, apakah berarti bahwa dia tidak mendapatkan malam lailatul qadr? Jawaban: tidak. Malam lailatul qadr akan didapatkan oleh setiap orang yang melaksanakan shalat di malam lailatul qadr karena imannya dan dengan mengharapkan pahala; karena sesungguhnya dia akan memperoleh keutamaannya, baik itu ditandai dengan sesuatu yang dia lihat maupun tidak.

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus