Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

التفسير / MAKNA FIRMAN ALLAH

MAKNA FIRMAN ALLAH

mempublikasikan tanggal : 2016-07-09 | Views : 2074
- Aa +

Allah berfirman : (ونزعنا ما في قلوبهم من غل اخوانا ) “Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara” Apakah yang dimaksud bahwasanya ada yang masuk ke dalam surga dari kaum muslimin dalam hatinya terhadap hasad,iri dan kedengkian di dunia, karena Rasul bersabda : (لا تحاسدوا ولا تباغضوا ولاتدابروا ) “Janganlah kalian saling hasad, saling marah, saling membelakangi” Saya mohon penjelasan makna dari perkataan Umar bin Khatab : (مروا ذوي القربى ان يتزاورا ولا يتجاوروا ) “Perintahkanlah kepada karib kerabat untuk saling mengunjungi dan jangan saling berbuat kaedzaliman”

تفسير قوله تعالى (و نزعنا ما في صدورهم من غل)

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tersampaikan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Jawaban pertanyaanmu dengan memohon taufik dariNya adalah sebagi berikut :

Rasa dengki yang engkau tanyakan tentangnya adalah hasil dari permusuhan yang terjadi di antara kaum muslimin. Permusuhan mewariskan dalam hati pemiliknya sebuah dari kedengkian. Ketika surga yang baik tidak akan mungkin masuk ke dalamnya kecuali orang-orang yang baik, maka sungguh Allah akan membaguskan batin mereka. Dan ini adalah apa yang Allah Ta’ala berikan nikmat kepada penduduk surga sebagaimana Allah telah baguskan lahir mereka, dan itu dengan dicabut dari hati-hati mereka pengaruh permusuhan dan kedzaliman. Imam Bukhari meriwayatkan dari hadis Qatadah dari Abu Al Mutawakil An Najy dari Abu Sa’id Al Khudry bahwasanya Nabi shalallahu alaihi wa salam bersabda :

“Jika orang-orang mukmin dibebaskan dari siksa neraka kemudian mereka ditahan di sebuah jembatan antara surga dan neraka, kemudian mereka dibersihkan dari mereka kedzaliman yang dulu ada di antara mereka di dunia. Sampai mereka bersih dan menjadi baik maka diijinkan kepada mereka untuk masuk ke dalam surga. Maka demi jiwa Muhammad di tanganNya, sungguh seseorang di antara mereka rumahnya di surga adalah lebih baik dari pada rumahnya dulu di dunia”

Dan ini jelas bahwa kedengkian ini disebabkan karena permusuhan dan kedzaliman yang dulu mereka lakukan di dunia.

Adapun jawaban pertanyaanmu apakah seseorang masuk surga sedangkan di hatinya dulu ada iri dan dengki? Maka jawabannya adalah iya. Sebagaimana ditunjukkan oleh dalil-dalil yang sudah disampaikan sebelumnya. Tetapi mereka tidak masuk surga kecuali mereka sudah dibersihkan dari semua kedengkian dan iri hati kemudian barulah mereka dimasukkan ke dalam surga dengan hati yang bersih dan penuh kecintaan. Oleh karena itu Allah berfirman ketika mensifati keadaan mereka di surga :

(إخوانا على سرر متقابلين)

“sedang mereka merasa saling bersaudara di atas duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan”

Dan tidak tersisa sedikitpun dari iri dan dengki. Allah berfirman :

(ونزعنا ما في قلوبهم من غل)

“Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka”

 

Aku memohon kepada Allah semoga Allah memberikan kesenangan dengan surgaNya.

Saudaramu.

Prof. Dr. Kholid Al Mosleh

topik-topik yang berkaitan

Topik yang Dilihat

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus