Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

التفسير / APAKAH KALAM ALLAH HASAN DAN AHSAN

APAKAH KALAM ALLAH HASAN DAN AHSAN

mempublikasikan tanggal : 2016-07-09 | Views : 2241
EN
- Aa +

Allah Ta’ala berfirman : :﴿ الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه﴾ “Orang-orang yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang lebih baik...” Dan Allah berfirman : ﴿واتبعوا أحسن ما أنزل إليكم من ربكم﴾ “Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu” Apakah difahami dari dua ayat tadi bahwasanya dalam kalam Allah ada yang baik dan ada yang lebih baik? Apa segi perbedaan antara siksa yang kekal, yang pedih, yang besar dan yang menghinakan ? هل يفهم أن في كلام الله الحسن والأحسن

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tersampaikan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Jawaban pertanyaanmu dengan memohon taufik dariNya adalah sebagi berikut :

Jawaban pertanyaan pertama : Ya, jika ada kalam Allah Ta’ala  memiliki tingkatan dalam pembahasannya. Adapun berkaitan sumber kalam (yaitu Allah) maka tidak perbedaan. Hal itu bisa dilihat dalam ayat Kursy yang merupakan ayat yang paling agung dalam Al Quran dikarenakan kemuliaan bahasannya. Begitu pula surat Al Fatihah adalah surat yang paling agung di mana di dalamnya terkandung makna yang agung yang terkumpul di dalamnya walaupun sedikit jumlah ayatnya. Dan semua orang tahu bahwa surat Al Ikhlas adalah surat yang paling utama dan paling baik dari surat Al Lahab, dan itu dikarenakan kandungan maknanya. Dan semuanya adalah kalam Allah.

Kesimpulannya : Bahwasanya pembedaan tidak dilihat dari sumber kalam dan juga tidak dari segi mukjizat dalam lafal Al Quran. Semua yang ada dalam Al Quran adalah mukjizat. Pembedaan dilihat dari sisi makna yang terkandung dalam surat-surat.

Jawaban pertanyaan kedua : Ini adalah sifat-sifat yang bermacam-macam dari azab. Azab yang kekal artinya abadi yang tidak akan mungkin hilang. Azab yang pedih : yaitu menyiksa dengan pedih bagi orang mendapatkannya. Azab yang besar : adalah azab yang keras yang tidak akan mungkin mampu (orang menahannya). Azab yang menghinakan : artinya yang menghinakan dan merendahkan orang yang disiksa. Semua sifat-sifat ini bermacam-macam bisa terkumpul dalam satu azab.

Kita memohon kepada Allah untuk kita dan untukmu keselamatan.

 

Saudaramu.

Prof. Dr. Kholid Al Mosleh

Topik sebelumnya

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus