Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

الزكاة / ZAKAT HARTA PIUTANG

ZAKAT HARTA PIUTANG

mempublikasikan tanggal : 2016-07-09 | Views : 1504
- Aa +

Apakah saya wajib mengeluarkan zakat atas harta yang dipinjamkan istri kepada saya untuk studi yang harus saya kembalikan setelah lima tahun?

زكاة القروض

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tersampaikan kepada Rasulullah dan keluarganya serta para sahabatnya.

Amma ba'du.

Dengan memohon taufik dari Allah Ta'ala maka jawaban atas pertanyaan saudara adalah :

Jika orang yang berhutang dalam keadaan susah –sebagaimana keadaan penanya- maka tidaklah wajib baginya untuk berzakat, karena pada dasarnya ia tidak memiliki kemampuan untuk membayar hutangnya; yakni tidak wajib bagi orang yang berhutang. Adapun orang yang memberi piutang maka harta yang ada di tangannyapun menjadi berkurang nishabnya sehingga tidak dihitung sebagai harta yang wajib untuk dizakati.

Namun pertanyaan untuk orang yang berhutang : Apakah wajib baginya zakat atas harta tersebut? Jika hutang tersebut ada pada orang yang kesulitan atau sejenisnya yang menunda pembayaran hutangnya maka tidak wajib baginya zakat menurut pendapat yang paling kuat (rajih). Diantara ulama ada yang berpendapat : wajib baginya zakat satu kali, dan ini adalah pendapat madzhab imam Malik dan sebagaian ulama. Ada pula ulama yang berpendapat : bahkan wajib baginya zakat atas harta yang ia pegang sebelumnya.

Dan yang benar adalah tidak wajib, karena harta tersebut telah menghilangkan salah satu diantara beberapa syarat wajib zakat, yaitu tamamul milki (kepemilikan penuh) dan tetapnya harta dalam kepemilikan. Dan kepemilikan di sini masih dalam jaminan orang lain dan belum tetap karena mengandung kemungkinan hilangnya harta tersebut; oleh karenanya tidak wajib zakat. Inilah pendapat yang paling rajih (kuat).

Wallahu a'lam

Saudaramu.

Prof. Dr. Khalid Al Mosleh

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus