Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

أصول الفقه / Berdalil dengan amalan penduduk kota Madinah

Berdalil dengan amalan penduduk kota Madinah

mempublikasikan tanggal : 2016-07-10 | Views : 1220
FR
- Aa +

Ada Perkataan sebagian ahli ilmu yang membingunganku, yaitu perkataan mereka:”Amalan ini dikenal oleh manusia di kota Madinah”, dengan tanpa mendatangkan dalil dari Al-Qur’an maupun As-sunnah? Begitu juga terkadang kaidah ini kontradiksi dengan firman Allah Ta’ala: ﴿وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ﴾ Artinya:” Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah”. Al-An’am : 116?

حجية عمل أهل المدينة

Segala puji hanya milik Allah, semoga Allah memberi salam dan bershalawat atas Rasulullah, juga atas keluarga dan para sahabat beliau.

Amma ba’du.

Berargumen dengan amalannya penduduk kota Madinah adalah pendapat Malik Imam Darul-Hijrah –semoga Allah merahmatinya- dan juga pendapat murid-murid beliau, sedangkan kebanyakan ahli ilmu dari kalangan ahli hadits, ahli fikih dan ahli ushul menentang pendapat bolehnya berargumen dengannya, mereka berkata : tidak ada beda antara amalannya peduduk kota Madinah dan penduduk kota-kota lainnya; siapa yang sesuai dengan dalil maka bagi dialah argumen yang kuat darimanapun dia; maka tidaklah amalan seseorang menjadi dasar atas kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya sallallahu alaihi wasallam; permasalahan ini masyhur di kalangan ahli ilmu dalam kitab-kitab ushul fikih dan lainnya, dan terdapat cabang dan perincian yang panjang, namun barangkali yang telah aku paparkan di sini cukup berfaidah.

Saudaramu

Khalid bin Abdullah Al-Mushlih

01/04/1425 H

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus