Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

الأطعمة / Menghidangkan Minuman Keras di Restoran

Menghidangkan Minuman Keras di Restoran

mempublikasikan tanggal : 2016-09-18 | Views : 1221
- Aa +

Syaikh yang kami muliakan. Assalaamualaikum warahmatullah wa barakatuh. Saya seorang pemuda yang bekerja di sebuah restoran Perancis. Kadang saya melayani pesanan berupa minuman keras. Apakah bisa dikatakan sumber pendapatan saya adalah haram ? Mohon petunjuknya semoga Allah membimbingmu

تقديم الخمر في المطاعم

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya.

Waalaikumussalaam warahmatullah wa barakatuh.

Amma ba’du.

Jika pekerjaanmu terdapat di dalamnya penghidangan minuman keras dan menyiapkannya, maka pekerjaan ini termasuk yang diharamkan dan termasuk dosa besar.

At-Tirmidzi (1290) dan Ibnu Majah (3381) meriwayatkan dari jalan ad-Dhohak dari Syabib bin Bisyr dari Anas Radhiyallahu ‘anhu  berkata :

((لعن رسول الله في الخمر عشرة: عاصرها، ومعتصرها، وشاربها، وحاملها، والمحمولة إليه، وساقيها، وبائعها، وآكل ثمنها، والمشتري لها، والمشتراة له))

 “Rasulullah melaknat 10 hal dalam minuman keras : Pemerasnya, pembuatnya, peminumnya, pembawanya, alat yang dibawakannya, yang menuangkannya, penjualnya, yang menikmati harganya, yang membelikannya dan yang dibelikannya”

Dan diriwayatkan dengan hadis yang serupa dari Ibnu Umar dan Ibnu Abbas dan Ibnu Masud.

Dan sembilan yang disebutkan dalam hadis-hadis yang memuat laknat bagi upaya menolong peminumnya termasuk saling membantu dalam dosa dan permusuhan. Dan Allah telah berfirman :

)وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ(

“Dan janganlah kalian saling bekerja sama dalam dosa dan permusuhan”

Dan wajib bagimu meninggalkan menghidangkan yang diharamkan dan begitu pula menyiapkannya. Jika tidak bisa, maka tinggalkanlah pekerjaan ini dengan yang lain.

Allah berfirman :

)وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا _وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ(.

“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah pasti akan diberikan untuknya jalan keluar. Dan akan diberikan rizki yang tidak disangka-sangka.

Saudaramu

Prof. Dr. Kholid Al Mosleh

16/9/1427 H

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus