×
العربية english francais русский Deutsch فارسى اندونيسي اردو

Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah

Fatwa / منوع / Berharap Kematian

Views:2155
- Aa +

Sebagian orang menginginkan kematian walaupun sambil bercanda untuk mengungkapkan rasa cinta atau karena sekedar melewati sebuah keadaan. Dan keadaan ini kadang menimbulkan rasa ingin mati. Dan sebagian penyair menulis syairnya tentang harapan kematian. Apa hukum semua itu?

تمني الموت

Menjawab

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Dengan memohon taufik dari Allah, maka jawaban pertanyaan saudara adalah sebagai berikut :

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang seseorang yang berharap kematian karena beratnya musibah yang menimpanya. Dalam Shahih Bukhari (6351) dan Muslim (2680) dari hadis Ibnu Aliah dari Shuhaib bin Abdul Aziz dari Anas bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

(لا يتمنين أحدكم الموت لضر نزل به فإن كان لابد متمنياً فليقل: اللهم أحيني ما علمت الحياة خيراً لي وتوفني إذا كانت الوفاة خيراً لي )

“Janganlah kalian berangan-angan mendapatkan kematian karena kesusahan yang menimpa. Jika memang sangat berharap, maka katakanlah : Wahai Allah hidupkan aku jika kehidupan lebih bagiku, dan matikanlah aku jika kematian itu lebih baik bagiku.”

Dan larangan ini masuk di dalamnya berdoa mengharapkan kematian ketika marah dan tidak terima atautakut ketika menghadapi musibah dan bala. Jika tidak dimaksud dengan ini, maka perlu adanya perhatian.

Wallahu A’lam.

Saudaramu

Prof. Dr. Khalid Al Mosleh



×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus