Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

منوع / Bagaimana Saya Menuntut Ilmu Dengan Keadaan Terbatas

Bagaimana Saya Menuntut Ilmu Dengan Keadaan Terbatas

mempublikasikan tanggal : 2016-09-23 | Views : 1416
FA
- Aa +

Fadhilah Syaikh yang saya muliakan, Saya tinggal di negara yang tidak memungkinkan bagi saya belajar dengan para ulama. Apakah dengan mendengarkan rekaman kemudian aku betul-betul menguasainya sudah dianggap mencukupi? Mohon penjelasannya. Kami memiliki beberapa pemuda yang selalu mengingkari para masyaikh yang kami anggap berada dalam kebaikan. Dan jika kami nasehati, mereka menjawab “Ulama jarh wa ta’dil dari Hijaz” dan mereka menyuruh manusia untuk berhati-hati dengan mereka. Dan kami menasehati masyarakat agar berhati-hati dengan mereka. Apa solusinya? Apakah ada kemungkinan belajar di universitas-universitas Islam di Saudi ataukah proses penerimaan mahasiswa di sana ketat? Wassalaamu'alaikum.

كيف أطلب العلم والحال هذه

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Setelah memohon taufik dari Allah, maka jawaban atas pertanyaan saudara adalah sebagai berikut :

Saya nasehatkan kepada saudara untuk bersungguh -sungguh dalam menuntut ilmu syar’i dari Kitab dan Sunah serta mengambil faidah dari perkataan ulama, apalagi para imam yang berpegang teguh dengan petunjuk salafus saleh di atas ilmu mereka dan tulisan-tulisan mereka. Dan saya mengkhususkan penyebutannya seperti SyaikhulIslam Ibnu Taimiyah dan muridnya IbnulQayyim. Maka sesungguhnya di dalam tulisan-tulisan merekaterdapatkebaikan yang banyak. Sebagaimana saudara juga harus berhubungan dengan para ulama dengan pertanyaan yang mengganjal dan bermusyawarah dalam hal yang masih belum jelas.

Jagalah waktumu, karena ia adalah modal utamamu. Dan jauhilah berkelompok kecuali karena Allah dan RasulNya serta masyarakat Islam. Dan berhati-hatilah terhadap menjatuhkan diri dalam hal yang tidak ada faidahnya dan belum jelas bagi saudara.

Semoga Allah memberikan taufik kepadasaudarauntuk melakukan kebaikan dan amal soleh.

Saudaramu

Prof. Dr. Khalid Al Mosleh

11/11/1424 H

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus