Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

منوع / Apa Pendapat Anda Tentang Buku-Buku Ini?

Apa Pendapat Anda Tentang Buku-Buku Ini?

mempublikasikan tanggal : 2016-09-24 | Views : 1925
- Aa +

Apa pendapat anda tentang buku-buku Syaikh Ustaimin Rahimahullah yang dicetak tanpa mendapatkan izin dari yayasan yang bertugas mendokumentasikan semua yang dilakukan Syaikh? Apakah ada catatan yang jelas terhadap buku-buku ataukah catatan tersebut hanya sebatas catatan ringan yang tidak mempangaruhi isi kitab?

ما رأيكم بهذه الكتب؟

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Setelah memohon taufik dari Allah, maka jawaban atas pertanyaan saudara adalah sebagai berikut :

Pendapat saya, bahwasanya buku-buku yang dicetak oleh yayasan khusus beliau memiliki beberapa kelebihan antara lain :

1.      Ketelitian dalam mentransfer materi audio.

2.      Perhatian khusus dalam menuliskan rekaman dan menyiapkannya sehingga bisa sesuai dengan susunan buku yang layak dibaca setelah sebelumnya adalah materi suara. Dengan cara :

a.       membuang kata yang diulang-ulang.

b.      Menuliskan kembali dengan mendegarkan bukan dari satu penjelasan saja dan memilih yang paling baik dan yang paling banyak faidahnya.

c.       Menyempurnakan kekurangan dari penjelasan beliau dalam proses editing penjelasan yang lain.

d.      Penjelasan makna kalimat yang ada dalam syarah yang mungkin diucapkan dengan bahasa ‘amiyah yang bertujuan lebih memahamkan kepada para murid beliau.

3.      Perhatian dalam takhrij hadis dan astar dan penukilan jika memungkinkan.

4.      Terkait dengan buku yang beliau tulis sendiri, maka pihak yayasan melakukan perbandingan   buku cetakan yang ada dengan asli tulisan beliau, dan melakukan usaha dengan teliti dalam hal itu.

Yayasan tidak mengambil untung sepeserpun dari penerbitan buku-buku ini.

Adapun  cetakan lain dari penerbit yang tidak mendapat izin dari yayasan Syaikh, maka saya pernah membaca sebagian cetakan yang ada. Dan saya tidak mendapati keistimewaan yang saya sebutkan di awal. Bahkan saya mendapatkan beberapa kesalahan  dan banyak kata yang hilang serta tidak adanya rasa ketika membaca dalam menuliskannya dan berinterksi dengannya kecuali hanya ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat tanpa saya melihat kualitas buku dan cetakan.

Dan saya nasehatkan kepada sauda-saudaraku agar tidak berpegang dengan cetakan-cetakan itu sampai yakin dengan kebenarannya.

Dan saya masih ingat bahwa guru kami Syaikh Ustaimin Rahimahullah ketika membaca beberapa hasil cetakan beberapa penerbit yang mencetak sebagian buku beliau, ia mengatakan : “Sungguh saya tidak bisa tidur pada beberapa malam karena sesuatu yang saya dapati di dalam buku-buku ini yang aku belum menelitinya lagi.”

Saudaramu

Prof. Dr. Khalid Al Mosleh

26/10/1424 H

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus