Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

منوع / Nasehat bagi pemuda yang tidak taat

Nasehat bagi pemuda yang tidak taat

mempublikasikan tanggal : 2016-09-24 | Views : 1912
FA
- Aa +

Seorang pemuda mengalami kecelakaan. Mobilnya terbalik, kakinya dan salah satu tulang punggungnya luka. Kemudian ia harus terbaring di atas ranjang. Dahulu pemuda ini adalah pemuda yang taat sebelum terjadi kecelakaan. Setelah mengalami kecelakaan, mulailah dia tidak bersemangat sedikit demi sedikit dari segi ketaatan. Kemudian setelah kembali dari pengobatan di luar negeri ia banyak berubah dari penampilan dan ucapannya. Tetapi masih ada sedikit kebaikan yang tampak darinya. Dan kami mohon nasehat anda wahai syaikh untuk pemuda ini yang mendapat ujian sebagaimana juga seorang muslim mendapat musibah?

نصيحة إلى شاب تهاون في تمسكه بدينه

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Dengan memohon taufik dari Allah, maka jawaban pertanyaan andaadalah sebagai berikut :

Saya menasehatiandadengan ketakwaan kepada Allah dalam keadaan lapang maupun sempit. Baik dalam keadaan mudah maupun susah. Dalam keadaan yang disenangi maupun dibenci. Dan ketahuilah bahwa musibah pada umumnya adalah sebab orang menjadi sadar atau justru menjadi lalai dan jauh dari Allah Ta'ala. Dan ini adalah termasuk dihalanginya kebaikan. Dan Allah telah menyebutkan dalam kitabNya dalam firmanNya :

(ظهر الفساد في البر والبحر بما كسبت أيدي الناس ليذقهم بعض الذي عملوا لعلهم يرجعون)

“telah ampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).Q.S. Ar Rum : 41

Dan Allah mengabarkan apa yang terjadi dari kerusakan di langit dan bumi disebabkan oleh dosa. Dan bertujuan untuk memberi peringatan agar orang yang tersesat kembali dan orang yang lalai sadar. Maka bertakwalah kepada Allah wahai saudaraku yang mulia. Dan jadikanlah apa yang menimpamu menjadi sebab kedekatanmu kepada Allah Ta’ala bukan justru menjauh dariNya.

Semoga Allah menetapkan hatimu di atas petunjuk. Dan Allah tambahkan kepadamu ketakwaan.

Saudaramu

Prof. Dr. Khalid Al Mosleh

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus