Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

Solat / Hukum Membawa Mushaf Saat Sholat

Hukum Membawa Mushaf Saat Sholat

mempublikasikan tanggal : 2016-02-23 05:00 AM | Views : 1235
- Aa +

Pertanyaan

Syaikh yang saya hormati, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh., apakah boleh membaca dari mushaf saat sholat, baik dalam shalat fardhu atau shalat sunah?

حمل المصحف في الصلاة

Menjawab

Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi waSallam,beserta keluarga dan para sahabatnya.

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Amma ba’du.

Ulama memiliki 3 pendapat mengenai hukum membaca dari mushaf pada shalat sunah:

1.      Hukumnya boleh, ini adalah madzhab Syafi’i dan Imam Ahmad.

2.      Hukumnya makruh, ini adalah madzhab Imam Malik dan sebagian riwayat dari Imam Ahmad. Juga madzhab Muhammad dan Abu Yusuf, dua murid Abu Hanifah.

3.      Hukumnya haram dan shalatnya batal,ini adalah mazhab Abu Hanifah. Alasan mengapa shalatnya batal adalah karena membaca dari mushaf membutuhkan berpikir dan melihat. Maka hal ini termasuk gerakan yang banyak dalam shalat.

 

Pendapat yang paling mendekati benar adalah pendapat yang pertama, yaitu hukumnya boleh. Apalagi jika membaca dari mushaf memang diperlukan.

Komentar terhadap perkataan Abu Hanifah:bahwa berpikir dan melihat selain pada mushaf tidaklah membatalkan shalat sebagaimana yang disepakati para ulama. Maka, jika berfikir dan melihat itu kepada mushaf, tentulah lebih utama.

Adapun hukum membawa mushaf bagi makmum yang berdiri di belakang imam, menurutku hal ini makruh karena makmum disibukkan dengan membawa, melihat dan membolak-balik mushaf, padahal ia tidak membutuhkan hal tersebut. Namun, jika makmum membutuhkan hal tersebut, seperti misalnya menyimak bacaan imam (agar tidak keliru) atau semisalnya, maka hal itu tidak mengapa. Wallahu a’lam.

 

Saudara kalian,

Prof. Dr. Khalid Mushlih

22/5/1426 H

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus