Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

التفسير / MEMBACA QURAN MELALUI HP TANPA WUDHU

MEMBACA QURAN MELALUI HP TANPA WUDHU

mempublikasikan tanggal : 2016-05-26 12:01 PM | Views : 3892
- Aa +

Pertanyaan

Apakah hukumnya membaca Al Quran melalui HP tanpa wudhu

 ما حكم قراءة القرآن عن طريق الجوال من غير طهارة؟

Menjawab

Segala puji bagi Allah. Salawat, salam adn keberkahan Allah semoga selalu tersampaikan kepada rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Dengan taufik dari Allah Ta’ala, maka jawaban atas pertanyaan saudara adalah :

Menurut saya, membaca Al Quran tanpa menggunakan mushaf tidak wajib baginya untuk memiliki wudhu ketika menyentuh layar HP. Karena HP bukanlah mushaf, dan tidak ada lembaran-lembaran kertas dan ayat-ayat yang tertulis dalam halaman-halaman sampai bisa dikatakan sebagai mushaf. Ia hanya merupakan perangkat yang tersimpan di dalamnya Al Quran melalui teknologi terbaru yang tidak secara jelas di dalamnya adanya tulisan atau sesuatu yang tertulis sehingga tidak masuk dalam hukum mushaf. Oleh karena menurut saya tidak berlaku di dalamnya hukum mandi/bersuci sebelum menyentuhnya, ataupun ketika masuk ke dalam toilet (membawa HP), ataupun dari sisi wajibnya memuliakannya dan menjaganya. Jika saja HP masuk dalam hukum mushaf maka tidak diperkenankan menaruhnya di tempat yang dihinakan. Hukum HP seperti perangkat yang lain yang terdapat di dalamnya Al Quran dengan teknologi modern. Karena tidak tampak tulisan mushaf ataupun lembaran-lembaran dan yang semisalnya (dengan mushaf).

Jika kita ingin membantah pendapat tentang hukumnya sama dengan hukum mushaf, maka kita katakan kepada orang yang berpendapat jika di layar televisi muncul tulisan Al Quran maka kita tidak boleh menyentuhya (tanpa wudhu) karena hukumnya sama dengan hukum mushaf. Ini adalh pendapat yang tidak benar. Yang tepat adalah ia tidak masuk dalam hukum mushaf di semua hukumnya. Tidak masuk dalam hukum wajibnya bersuci, ataupun hukum masuk ke dalam toilet, ataupun hukum wajibnya mengagungkannya dan menjaganya.

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus