×
العربية english francais русский Deutsch فارسى اندونيسي اردو

Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah

Fatwa / منوع / Hukum Kuis Berhadiah Lewat HP

Views:1326

Pertanyaan

Apa hukum kuis berhadiah dengan mengirimkan SMS lewat HP ?

عن حكم المسابقة التي ترسل رسالة في الجوال؟

Menjawab

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Amma ba’du.

Dengan memohon taufik dari Allah, maka jawaban pertanyaan saudara adalah sebagai berikut :

Kuis ini terkenal dan menyebar serta memiliki banyak macamnya. Dan kesemuanya memiliki hukum keharaman yang masuk dalam firman Allah :

﴿إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالأَنصَابُ وَالأَزْلامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُلعلكم تفلحون﴾

“Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah agar kalian beruntung” Q.S. Al Maidah : 90

Dan wajib bagi orang yang beriman untuk tidak terlibat di dalam program ini yang dijalankan beberapa lembaga agar menarik banyak pembeli dan melariskan barang dagangannya. Sepantasnya mengambil cara yang dibolehkan. Dan saya mengajak semua pihak yang bertanggung jawab di semua negeri kaum muslimin untuk menjalankan peranannya dalam melindungi konsumen secara nyata. Karena ini masuk dalam jenis penyesatan yang dilakukan beberapa pedagang untuk melariskan barang dagangannya.

Dengan demikian kuis ini haram. Dan tidak boleh mengikutinya. Dan perusahaan perdagangan tidak boleh mengadakan kuis semacam ini. Dan permintaan ini ditujukan kepada dua pihak :

1-     Perusahaan perdagangan untuk tidak menjalankan cara yang diharamkan.

2-     Masyarakat banyak untuk tidak menyelenggarakan kuis seperti ini.

Seandainya ada seorang yang mendapat hadiah darinya, maka saya berpendapat untuk dia mengambilnya dan bersedekah dengannya.

Saudaramu

Prof. Dr. Khalid Al Mosleh


Topik yang Dilihat

1.
×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus