Permintaan Formulir Fatwa

Captcha yang salah
×

Terkirim dan akan dijawab

×

Maaf, Anda tidak dapat mengirim lebih dari satu fatwa per hari.

منوع / Mengumumkan barang hilang dengan pengeras suara

Mengumumkan barang hilang dengan pengeras suara

mempublikasikan tanggal : 2016-09-19 12:26 PM | Views : 644
- Aa +

Pertanyaan

Syaikh yang kami hormati. Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh. Apakah diperbolehkan mengumumkan kepada khalayak tentang anak yang hilang menggunakan pengeras suara masjid ?

إنشاد الضوال باستعمال مكبرات صوت المسجد

Menjawab

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam serta keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah, keluarganya dan para sahabatnya.

Wa'alaikumussalam warahmatullah wa barakatuh.

Amma ba’du.

Sepatutnya masjid dijaga untuk tidak menjadi tempat untuk mengumumkan barang yang hilang. Sebagaimana hadis riwayat Muslim (568) dari hadis Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata , Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

((من سمع رجلا ينشد ضالة في المسجد فليقل: لا ردها الله عليك؛ فإن المساجد لم تبن لهذا))،

“Barang siapa yang mendengar seseorang mengumumkan barang yang hilang di dalam masjid, maka katakanlah kepadanya : Semoga Allah tidak mengembalikannya kepadamu. Karena sesungguhnya masjid tidak dibangun untuk seperti ini”

Dan sabda beliau : “Karena sesungguhnya masjid tidak dibangun untuk seperti ini” menunjukkan bahawa sebaiknya menjaga masjid dari perbuatan seperti ini. Jika memang ada kebutuhan seperti ini, maka sebaiknya dilakukan di luar masjid, di pintunya atau tempat yang dikhususkan untuk itu. Sebagaimana yang dilakukan Umar Radhiyallahu ‘anhu dimana beliau membangun halaman di luar masjid yang dinamakan al-Bat-ha, bagi orang yang mengumumkan barang hilang dan sebagainya.

Saudaramu

Prof. Dr. Khalid Al Mosleh

16/1/1429 H

Komentar (0)

×

Apakah Anda benar-benar ingin menghapus item yang sudah Anda kunjungi?

Ya, Hapus