×
العربية english francais русский Deutsch فارسى اندونيسي اردو

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

الأعضاء الكرام ! اكتمل اليوم نصاب استقبال الفتاوى.

وغدا إن شاء الله تعالى في تمام السادسة صباحا يتم استقبال الفتاوى الجديدة.

ويمكنكم البحث في قسم الفتوى عما تريد الجواب عنه أو الاتصال المباشر

على الشيخ أ.د خالد المصلح على هذا الرقم 00966505147004

من الساعة العاشرة صباحا إلى الواحدة ظهرا 

بارك الله فيكم

إدارة موقع أ.د خالد المصلح

/ / . Shalat Di Belakang Imam Yang Terbiasa Merayakan Maulid

مشاركة هذه الفقرة WhatsApp Messenger LinkedIn Facebook Twitter Pinterest AddThis

Ada seorang Imam Masjid yang belum pernah kami lihat penyimpangannya dalam masalah akidah, hanya saja ia bergabung dengan jamaah tasawuf (sufi) yang mengadakan acara maulid Nabi, dan kami mengetahuinya kalau mereka di acara tersebut membaca Qashidah Al-Bushiri. Apakah boleh shalat di belakang imam tersebut? Bagaimana dengan perkataan: “Pada asalnya orang yang membaca QashidahAl-Bushiridan hadir pada acara maulid adalah termasuk ahlul bid’ah yang menyebabkan kekufuran sehingga tidak boleh shalat di belakang mereka”? إمام مسجد لم نر منه أي مخالفة عقدية، إلا أنه ينضم إلى جماعة متصوفة تقيم الموالد ونعرف من أهل الموالد أنهم يقرؤون قصيدة البوصيري، هل تجوز الصلاة خلفه ونقول: إن الأصل فيمن يقرأ تلك القصيدة ويحضر الموالد أنهم من أهل البدع المكفرة التي لا تجوز الصلاة خلفهم؟

المشاهدات:1664

Ada seorang Imam Masjid yang belum pernah kami lihat penyimpangannya dalam masalah akidah, hanya saja ia bergabung dengan jamaah tasawuf (sufi) yang mengadakan acara maulid Nabi, dan kami mengetahuinya kalau mereka di acara tersebut membaca Qashidah Al-Bushiri. Apakah boleh shalat di belakang imam tersebut? Bagaimana dengan perkataan: “Pada asalnya orang yang membaca QashidahAl-Bushiridan hadir pada acara maulid adalah termasuk ahlul bid’ah yang menyebabkan kekufuran sehingga tidak boleh shalat di belakang mereka”?

إمام مسجد لم نر منه أي مخالفة عقدية، إلا أنه ينضم إلى جماعة متصوفة تقيم الموالد ونعرف من أهل الموالد أنهم يقرؤون قصيدة البوصيري، هل تجوز الصلاة خلفه ونقول: إن الأصل فيمن يقرأ تلك القصيدة ويحضر الموالد أنهم من أهل البدع المكفرة التي لا تجوز الصلاة خلفهم؟

الجواب

Alhamdulillah, shalawat, salam, dan keberkahan semoga terlimpah kepada Rasulullah, beserta keluarga dan para sahabatnya. Amma ba’du.

Dengan memohon taufik dari Allah Ta’ala, jawaban dari pertanyaan Anda adalah sebagai berikut:

Hukumnya boleh shalat di belakang imam seperti ini, adapun yang engkau sebutkan mengenai acara-acara maulid dan membaca Qashidah Al-Bushiri,hal itu bukan termasuk bid’ah yang menyebabkan kekufuran. Meskipun di dalam qashidah tersebut terdapat unsur ghuluw (melampaui batas) yang kurang baik di beberapa bait syairnya, akan tetapi hal itu termasuk yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia karenadendangan pelantun dan pembacanya membuat meleka terlena dari kesalahan yang ada di dalamnya. Maka bersungguh-sungguhlah Anda untuk menasehatinya dan menunjukkannya pada kebenaran, semoga AllahTa’alamemberi taufiq kepada semuanya.

 

Saudara Kalian,

Khalid bin ‘Abdillah Al-Mushlih

08/11/1424 H


المادة السابقة
المادة التالية

الاكثر مشاهدة

1. جماع الزوجة في الحمام ( عدد المشاهدات127317 )
6. مداعبة أرداف الزوجة ( عدد المشاهدات62459 )
9. حكم قراءة مواضيع جنسية ( عدد المشاهدات58515 )
11. حکم نزدیکی با همسر از راه مقعد؛ ( عدد المشاهدات55640 )
12. لذت جویی از باسن همسر؛ ( عدد المشاهدات55145 )
13. ما الفرق بين محرَّم ولا يجوز؟ ( عدد المشاهدات51739 )
14. الزواج من متحول جنسيًّا ( عدد المشاهدات49866 )
15. حكم استعمال الفكس للصائم ( عدد المشاهدات44170 )

مواد تم زيارتها

التعليقات


×

هل ترغب فعلا بحذف المواد التي تمت زيارتها ؟؟

نعم؛ حذف